Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

9 September PKB Deklarasi Usung Ridwan Kamil

Berita Utama
9 September PKB Deklarasi Usung Ridwan Kamil

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Kang Emil) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018. Rencananya partai yang dinahkodai H Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu akan mendeklarasikan dukungan pada 9 September 2017.

"Tanggal baik yang menjadi opsi adalah 9 September. Namun, semuanya masih dalam proses pembicaraan. Tunggu saja kepastiannya dalam hitungan tiga sampai empat hari," kata Ketua Desk Pilkada Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB Daniel Johan, Selasa (29/7/2017).

Menurut Daniel, Kang Emil menginginkan agar PKB bisa menjadi pemimpin koalisi. PKB akan tetap menjaga kebersamaan koalisi meski Partai Nasdem sudah menyatakan dukungannya terlebih dulu kepada Ridwan Kamil.

"Kami akan menjaga kebersamaan dengan seluruh partai koalisi," tuturnya.

Daniel menuturkan, PKB berharap bisa menempatkan kadernya sebagai wakil Emil jika hal ini disetujui rekan koalisi. Hal terpenting, kata dia, adalah sosok wakil tersebut nantinya mampu memperkuat posisi Emil dalam memenangkan hati rakyat Jabar.

"Kami akan kedepankan kebersamaan, yang penting solid dan memenangkan pilgub sampai dilantik," ucap Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Ia mengaku pembicaraan mengenai sosok yang berpotensi menjadi calon wakil gubernur telah dibicarakan dengan Emil, namun Daniel enggan menyebutkan lebih lanjut. Nama-nama yang ada menurutnya akan dimatangkan terlebih dahulu.

Setelah deklarasi dukungan disampaikan, PKB akan mulai bersosialisasi secara intensif bersama struktur PKB hingga tingkat ranting untuk mensukseskan pemenangan Emil.

Di samping itu, PKB juga akan berkomunikasi semakin intensif dengan beberapa parpol lainnya yang potensial untuk mendukung Wali Kota Bandung itu.

"Juga akan berkomunikasi dengan PPP maupun Demokrat untuk bergabung ke dalam koalisi," tutur dia.