Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Atlet Indonesia Diminta Tampil Maksimal di ASG

Berita Utama
Atlet Indonesia Diminta Tampil Maksimal di ASG
PKBNews - PARA atlet Indonesia yang berlaga di ajang ASEAN School Games (ASG) 2017 di Singapura, 13-21 Juli 2017, bisa tampil maksimal demi mendapatkan hasil terbaik bagi Indonesia.
 
"Kalian harus percaya diri dan tampil maksimal. Setelah itu, sisanya serahkan kepada Tuhan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Jakarta, Rabu (12/7/2017).
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahw semua atlet yang mewakili negara ke luar negeri, baik pelajar maupun senior, adalah duta bangsa. Hal ini dapat dilihat dari fakta bahwa bendera Merah Putih Indonesia hanya bisa berkibar bebas dan dihormat di negara lain karena dua hal yaitu kedatangan kepala negara dan prestasi atlet.
 
"Di hati, di mata, di kepala, di tangan, di kekuatan kalian, harga diri serta martabat bangsa dipertaruhkan. Kalian adalah wajah dan wujud prestasi olahraga Indonesia," kata Imam.
 
Menurut Menteri Imam, para atlet juga bisa belajar dan menimba pengalaman sebesar-besarnya dari kejuaraan multicabang untuk pelajar itu.
 
Hal ini dianggap perlu karena suatu saat, para atlet yang dikirim ke ASG 2017, bisa saja naik tingkat untuk mewakili Indonesia di SEA Games, Asian Games ataupun Olimpiade.
 
Seperti diketahui, Indonesia sendiri mengirimkan total 184 atlet ke turnamen yang diikuti 10 negara ASEAN tersebut, dengan target 30 emas dan menduduki posisi kedua umum. Kontingen Indonesia untuk kejuaraan itu dipimpin oleh Pura Darmawan yang juga Kepala Bidang Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora selaku ketua kontingen (CdM).
 
Laman resmi Kementerian Pendidikan Singapura menyebut ASEAN School Games ke-9 di Singapura diikuti 10 negara ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.
 
Pada edisi kedelapan kejuaraan multicabang itu di Thailand tahun 2016, Indonesia berhasil meraih 29 emas, 32 perak dan 38 perunggu. Prestasi terbaik Indonesia ditorehkan pada ASEAN School Games 2015 di Brunei Darussalam dengan menjadi juara umum.