Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin: Daya Beli dan Pendapatan Masyarakat Harus Ditingkatkan

Berita Headline
Cak Imin: Daya Beli dan Pendapatan Masyarakat Harus Ditingkatkan

PKBNews - FONDASI utama tumbuhnya ekonomi masyarakat adalah meningkatkan daya beli dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dua hal tersebut tidak bisa ditawar dan menjadi tantangan pemerintahan ke depan.

"Yang harus segera dilakukan adalah meningkatkan daya beli dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan demikian kesejahteraan rakyat akan meningkat," kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Dr HA Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Rabu (7/3/2018).

Menurut Cak Imin, peningkatan pendapatan harus terjadi pada kelas menengah ke bawah seperti petani dan nelayan, yang mayoritas adalah nahdliyin. Ia menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut perlu diwujudkan hilirisasi untuk petani dan nelayan.

"Kedepan para petani dan nelayan jangan hanya produksi, tapi juga terlibat di industri hilirnya, karena nilai tambahnya di sana," katanya. 

Cak Imin mengatakan bahwa nilai tambah tersebut harus bisa dinikmati petani, agar daya beli terdongkrak dan pertumbuhan ekonomi akan membaik. Ke depan kelompok petani harus memiliki gudang, penggilingan padi dan pabrik kecil pengemasan beras.

"Bila ini terwujud Insyallah akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas," katanya.

Cak Imin mengaku resah bila Indonesia hanya menjadi sasaran pasar bagi produk-produk dunia. Penting bagi Indonesia di tengah persaingan global yang makin keras, menjadi negara yang berdaulat dalam ekonomi, pangan, dan energi.

"Kita harus berdaulat dan mandiri di bidang ekonomi pangan dan energi, dengan mengandalkan kekuatan anak bangsa sendiri. Kandungan lokal harus terus ditingkatkan," katanya.

Panglima Santri Nusantara itu menginginkan agar Indonesia segera mengakhiri fundamentalisme pasar. Cak Imin berharap negara harus tetap berperan memperkuat dan melindungi industri lokal, termasuk pasar untuk berkembangnya produk lokal.

"Jangan selalu impor dan asing melulu. Bangsa kita sanggup kok selama negara punya keberpihakan. Industri lokal harus terus diperkuat, sehingga mampu menyerap tenaga kerja, devisa pun akan terjaga dengan baik. Pasar harus kita lindungi untuk berkembangnya produk lokal yang berkualitas," tandas Panglima Santri Nusantara.