Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin Diyakini Dapat Lindungi Jokowi dari Serangan SARA

Berita Utama
Cak Imin Diyakini Dapat Lindungi Jokowi dari Serangan SARA
PKBNews - SEANDAINYA Joko Widodo (Jokowi) memilih Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai pendampingnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 maka Cak Imin dapat melindungi Jokowi dari serangan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).
 
"Terutama isu agama yang pernah digunakan pada kontestasi Pilpres 2014 lalu dan berpotensi terulang di Pilpres 2019 mendatang," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB, Abdul Kadir Karding, Senin (19/3/2018).
 
Kata Karding, Cak Imin merepresentasikan NU sebagai organisasi massa Islam terbesar dan juga merepresentasikan sebagian besar umat muslim di Indonesia.
 
"Pengalamannya Cak Imin tidak bisa dipandang sebelah mata. Cak Imin pernah menjadi aktivis ketika mahasiswa, pernah di pers, di DPR RI, hingga memiliki pengalaman sebagai menteri," ujarnya.
 
Dari segi kepemimpinan, ungkap Karding, Cak Imin bisa meredam, melindungi dan menutup Pak Jokowi dari isu agama yang sering menimpa beliau.
 
"Kehadiran Cak Imin menyempurnakan Pak Jokowi," katanya.
 
Karding berkata, PKB belum mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi. Ia juga belum tahu apakah deklarsi dukungan tersebut akan disampaikan dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) mendatang.
 
"Tapi pasti akan kami sampaikan kepada publik dan pers," katanya.
 
Walaupun nantinya Cak Imin tidak menjadi cawapres Jokowi, menurutnya PKB masih condong tetap mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.
 
"Walaupun belum dideklarasikan para kyai condong kepada Pak Jokowi berdasarkan pengalaman kerja sama selama ini dan kenyamanan," tandas Karding.