Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin: Kebudayaan Merupakan The Art of Living

Berita Headline
Cak Imin: Kebudayaan Merupakan The Art of Living
PKBNews - SERING ditanya soal pemikiran kebudayaan oleh pelaku seni dan aktivis, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin buka suara. Menurutnya, kebudayaan adalah the art of living.
 
"Setiap individu memiliki pegangan, nilai, dan kebiasaannya sendiri dalam mengarungi hidup, bagaimana bisa survive alias mencari selamat sampai ke titik akhir. Maka keragaman nilai dan ekspresinya pasti tak terhitung," kata Cak Imin di Jakarta, Kamis (29/3/2018).
 
Cak Imin menegaskan, upaya menyeragamkan, mendominasi, memonopoli harus ditolak. Indah bagi satu kelompok belum tentu dinilai indah bagi kelompok lain.
 
"Apa yang etis dan apa yang tidak sifatnya menjadi relatif, ya karena dia adalah seni itu tadi," katanya. 
 
Cak Imin berkata, seni hidup masyarakat di negara manapun tentu saja menjadi arena pertempuran terus-menerus. Pertempuran antara pasar dan inisiatif individu atau komunitas, antara Timur dan Barat, antara agama-agama dominan dengan tradisi, antara kapitalisme dan keadilan bagi yang miskin.
 
"Bahkan antara negara dengan warga," ujar Cak Imin.
 
Cak Imin menuturkan, dia tidak lagi menilai kebudayaan dalam makna tradisional. Dalam era IT yang serba digital dan cepat, pergeseran nilai dan persepsi lajunya cepat.
 
"Kita harus menerima bahwa ada banyak sekali nilai-nilai baru yang mengepung kita," katanya.
 
Cak Imin pun berpesan, tradisi lama yang baik untuk dilanjutkan. Nilai baru yang positif segera dipelajari.
 
"Yang penting itu lagi-lagi adalah teguh dalam prinsip, tapi luwes dalam bertindak," tandas Cak Imin.