Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Cak Imin Tentang Upaya Sipil Mengambil Alih Tugas Aparat

Berita Headline
Cak Imin Tentang Upaya Sipil Mengambil Alih Tugas Aparat

PKBNews - UPAYA masyarakat sipil maupun golongan apapun dalam mengambil alih tugas aparat ditentang Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar. Pria yang biasa disapa Cak Imin itu meminta masyarakat mengerjakan sebaik-baiknya apa yang menjadi kewajiban warga negara.

"Saya menentang segala upaya masyarakat sipil dan golongan manapun untuk mengambil alih tugas negara," katanya memberikan pidato dalam acara 'Gerakan Membumikan Kembali Pancasila' di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Cak Imin berkata, polarisasi yang terjadi di tengah masyarakat merupakan konsekuensi logis yang tidak dapat dielakan dalam proses demokratisasi di Indonesia. Namun, penegakkan hukum yang ketat dan profesional apakah polarisasi akan mendinginkan atau malah menjerumuskan dua kubu dalam cekcok tanpa akhir.

"Semuanya dapat dibuat harmonis dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila," katanya.

Cak Imin menegaskan, gugatan terhadap relevansi terhadap Pancasila sesungguhnya adalah manivestasi otokritik terhadap diri sendiri sebagai bangsa yang bernegara. Sebab, belum sanggup membangun sistem yang memastikan keadilan sosial dan hukum berjalan dengan baik.

"Gugatan-gugatan yang dilayangkan pun belum pernah sanggup menyertakan alternatif ideologi yang tepat sebagai pengganti. Jika Pancasila dianggap tidak relevan," tandasnya.