Dana Desa Ditambah untuk Empat Program Kemendes

Berita Utama
Dana Desa Ditambah untuk Empat Program Kemendes
PKBNews - DANA desa untuk desa yang menjalankan empat program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan ditambah jumlahnya. 
 
"Dana desa pada tahun ini Rp800 juta per desa. Apabila desa menjalankan empat program dari Mendes PDTT maka dana yang diperoleh desa tersebut bisa dua kali lipat," kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, belum lama ini. 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan bahwa empat program tersebut yaitu membuat produk unggulan desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membuat embung, dan membangun sarana olahraga.
 
Menteri Eko mengatakan, pengembangan produk unggulan desa merupakan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja.
 
"Dalam hal ini partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah dibutuhkan," kata Menteri Eko. 
 
Sedangkan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa dan sebagai alat pendayagunaan ekonomi lokal seperti untuk menjual produk unggulan desa.
 
Selain itu, masyarakat juga membuat embung yang berfungsi sebagai penampung air yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian ketika musim kemarau.
 
"Namun diharapkan embung juga dimanfaatkan untuk pariwisata serta aset BUMDes," ujar Menteri Eko. 
 
Selain itu, pembangunan sarana olahraga dengan tujuan membuat liga antar desa agar ketika pertandingan masyarakat setempat bisa berjualan serta mendatangkan sponsor sehingga perekonomian bisa tumbuh.
 
Menteri Eko menambahkan bahwa untuk melancarkan program tersebut pihaknya telah bekerja sama dengan 19 kementerian sehingga hampir semua program dari 19 kementerian tersebut mengarah ke desa.
DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.