Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Dana Desa Diyakini Terserap 100 Persen

Berita Utama
Dana Desa Diyakini Terserap 100 Persen
PKBNews - DANA desa 2017 diyakini dapat terserap 100 persen. "Saat ini saja, dana desa yang terserap sudah 98 persen dari total Rp60 triliun dana desa," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Rabu (29/11/2017).
 
Secara tegas, Menteri Eko menepis keraguan yang menganggap desa tidak mampu mengelola dana desa karena pada 2015 dana desa yang jumlahnya Rp20 triliun terserap hanya 82 persen.
 
"Saat itu, masih banyak desa yang belum begitu kuat. Tapi karena komitmen Presiden begitu kuat, ketidakcapaian tersebut bukan membuat dana desa dihentikan tapi justru dinaikkan dua kali lipat menjadi Rp46,9 triliun," ujar Menteri Eko. 
 
Menurut Mnteri Eko, desa kalau didampingi dan diberi kepercayaan ternyata bisa menyerap dana desa dengan baik. "Pada 2016 terserap 97 persen," kata dia.
 
Menteri Eko mengatakan, terhitung tahun depan semua proyek dana desa dilakukan swakelola.
 
Kata Menteri Eko, ide dana desa, adalah uangnya harus digelontorkan ke desa sehingga bisa meningkatkan daya beli desa.
 
Dalam hal ini, LKPP akan mengubah aturan proyek lebih dari Rp200 juta yang awalnya wajib dilakukan oleh kontraktor sehingga berapapun jumlah proyek dana desa dapat dilakukan swakelola.
 
"Kalau kita beli bahan di kota, uangnya ke kota. Kalau pakai kontraktor, uangnya juga ke kota," tandas Menteri Eko. 
Rekomendasi untuk dibaca