Dana Desa Menstimulan Ekonomi Desa Tumbuh di Atas 20 Persen

Berita Utama
Dana Desa Menstimulan Ekonomi Desa Tumbuh di Atas 20 Persen
PKBNews - PARA Kepala Desa agar berinovasi dalam mengatasi hambatan pembangunan yang ada sehingga kemajuan desa tidak berhenti.
 
“Memang Flores Timur keadaannya masih susah. Tapi itu jangan dijadikan hambatan. Dibutuhkan pahlawan seperti bapak-bapak untuk mengolah dan menggali potensi di daerah masing-masing,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Flores, belum lama ini. 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengajak para kepala desa membangun embung air di desanya. 
 
Kata Eko, pembangunan embung akan menjawab permasalahan air bersih yang dihadapi di Flores Timur. Pembuatan embung, kata Eko, bisa dialokasikan dari dana desa sekitar Rp 200-500 juta.
 
Dengan pembangunan embung tersebut, kata Eko, produktivitas hasil tani dapat meningkat. Dari rata-rata 1,4 kali panen, dengan adanya embung, dapat menjadi tiga kali panen. 
 
“Dalam pengerjaannya, masyarakat bisa dibantu oleh TNI AD supaya di sini tidak kesulitan air lagi,” kata Eko. 
 
Menteri Eko mengatakan para kepala desa juga harus menentukan produk unggulan dari desanya. Hal itu diperlukan agar komoditas yang diproduksi bisa fokus. 
 
Dengan demikian, kata Eko, komoditas tersebut akan menghasilkan skala yang lebih besar dan sarana pascapanen pun akan masuk.
 
”Dana yang masuk ke desa bisa mencapai Rp 560 triliun. Itu berasal dari 19 kementerian dan lembaga. Selain itu, dana desa setiap tahunnya terus meningkat. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi di desa-desa bisa mencapai di atas 20 persen,” tandas Menteri Eko. 
DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.