Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

DPC PKB Baubau Bakal Mengusulkan Lima Nama Balon Wali Kota

Berita Daerah
DPC PKB Baubau Bakal Mengusulkan Lima Nama Balon Wali Kota

PKBNews - DEWAN Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sulteng) telah melakukan penjaringan bakal calon (balon) calon wali kota sejak 18 Agustus 2017. Sebanyak 18 kandidat telah mengambil folmulir. Namun, hanya delapan kandidat yang mengembalikan folmulir tersebut.

"Artinya, yang serius ingin menggunakan kendaraan PKB di Pilwakot Baubau hanya delapan orang. Kita akan melakukan pengerucutan hingga lima nama," terang Ketua DPC PKB Baubau, Abdul Hakim di Baubau, Rabu (30/8/2017).

Kedelapan nama yang sudah mengembalikan berkas tersebut, La Ode Yuman Nahmuddin, Roslina Rahim, Darlis Laruha, AS Tamrin, La ode Falah Ilahi, Ansir, Wa Ode Maasra Manarfa, dan La Ode Yasin.

Menurut Abdul Hakim, dalam mengkrucutkan nama-nama tersebut, pihaknya menggunakan tiga alat ukur. Pertama, akan digelar rapat pleno yang diperluas dengan menghadirkan delapan pengurus tingkat kecamatan dan 43 pengurus ranting se-Kota Baubau untuk memberi penilaian kira-kira dari semua Balon yang memaparkan visi misi mana yang diinginkan.

Kedua, pihaknya akan melakukan penyebaran angket keseluruh wilayah kelurahan (masyarakat) untuk melihat siapa bakal calon yang diinginkan oleh mereka.

"Dari dua sisi alat ukur itu, tim penjaringan sudah bisa mengevaluasi untuk menyimpulkan. Di samping itu, tentunya juga harus sevisi dan kandidat harus memiliki elektabilitas bagus," katanya.

Ketiga, kata Abdul Hakim, untuk diusulkan ke tingkat yang lebih tinggi, pihaknya akan membuat penandatangan kontrak politik jangka pendek dan jangka panjang.

"Setelah pengusulan ketingkat provinsi maka sepenuhnya sudah menjadi tugas mereka. Kami belum tahu apa tahapan berikutnya," katanya.

Ia menegaskan, "Untuk kader perlakuannya sama, tidak ada yang dibeda-bedakan, dan tidak akan mempengaruhi mekanisme yang ada."