Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

DPP PKB Berencana Bentuk Satgas Pengawasan TKI

Berita Headline
DPP PKB Berencana Bentuk Satgas Pengawasan TKI

PKBNews - DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan mengawasi pemberangkatan TKI dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menuju Malaysia dengan menggunakan kapal kecil.

"PKB akan membentuk Satgas Pengawasan TKI yang akan diberangkat dari Kepri menuju Malaysia dengan menumpang kapal-kapal kecil," ujar Ketua Umum (Ketum) DPP PKB H Abdul Muhaimin Iskandar usai Mujahadah rutin di kantor DPP PKB, Rabu (22/2/2017).

Menurut Muhaimin, alasan dasar dibentuknya Satgas Pengawasan TKI lantaran prihatin dengan banyaknya korban meninggal akibat menumpang kapal-kapal kecil saat berangkat ke Malaysia atau pulang dari Malaysia menuju Kepri.

"Hampir setiap minggu kita disuguhi berita kematian TKI yang berangkat dari Kepri menuju Malyasia dengan menumpang kapal kecil. Begitu pun sebaliknya. Kebiasaan menggunakan kapal kecil harus kita hilangkan," tuturnya.

Satgas Pengawasan TKI itu, kata Muhaimin, bisa diambil dari personil Garda Bangsa, Perempuan Bangsa maupun rekrutan baru yang memiliki pengetahuan dasar tentang TKI.

"Sudah terlalu banyak korban. Kalau pun pemerintah belum bertindak, maka kita harus bertindak terlebih dahulu," tuturnya.

Mengenai mekanisme kerjanya, tutur Muhaimin, bisa berupa sosialisasi, terjun langsung ke lokasi pemberangkatan TKI di Kepri maupun memberi pencerahan mengenai bahaya menggunakan kapal kecil ke daerah-daerah asal para TKI.

"Intinya, kita tidak ingin melihat, menyaksikan dan mendengar adanya korban lagi TKI yang berangkat menggunakan kapal kecil," tandasnya.