Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

DPR Pastikan, Pasokan Bawang Merah Aman

Berita Utama
DPR Pastikan, Pasokan Bawang Merah Aman
PKBNews - PASOKAN bawang merah dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dan dari berbagai daerah lain selama bulan puasa hingga Lebaran 2017 dalam kondisi aman.
 
Hal itu dikatakan anggota Komisi IV DPR dar Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Daniel Johan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Brebes, kemarin. 
 
Daniel mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pantauan distribusi, stabilitas harga, maupun ketersediaan bibit untuk musim tanam masa mendatang.
 
"Kami menjamin stok bawang merah akan terpenuhi hingga Lebaran 2017," ujar Daniel.
 
Menurut Daniel, kesiapan ketersediaan bawang merah pada bulan Ramadan hingga Idulfitri 1438 Hijriah karena Bulog telah menyediakan 60 ton yang pengirimannya pada saat operasi pasar (OP) di Jakarta.
 
"Oleh karena itu, pantauan masalah bawang merah setiap hari dengan melihat data pasar yang ada, apalagi sekarang telah berkembang bisa dilihat melalui informasi dan teknologi (IT)," ujarnya. 
 
Kata daniel, suplai produk bawang merah dari petani di Brebes relatif sangat baik, termasuk dengan sistem distribusi karena mereka sudah berpengalaman puluhan tahun.
 
"Yang jelas, kalau petani tidak mengalami kerugian dengan BEP Rp23 ribu per kilogram bawang kering, tinggal memastikan harga konsumen tidak terlalu tinggi," tukasnya. 
 
Berdasar keluhan yang disampaikan oleh para petani, kata dia, produktivitas normal mampu mencapai 12 ton bawang merah per hektare. Akan tetapi, kini hanya menjadi 7 ton per hektare.
 
"Ini artinya ada masalah penurunan produk sebanyak 5 ton bawang merah akibat pengairan yang kurang baik. Oleh karena itu, kami mendesak pemerintah bisa mencari solusi dengan membuatkan bendungan karet untuk pengairan," tandas Daniel Johan.