Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

DPRD Deli Serdang Fokus Atasi Persoalan Sampah

Berita Daerah
DPRD Deli Serdang Fokus Atasi Persoalan Sampah

Deli Serdang - DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mengalokasikan 38 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk mengatasi persoalan sampah dan persoalan lainnya di Kecamatan Percut Sei Tuan. Demikian ditegaskan Ketua Komisi A DPRD Deli Serdang dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Rakhmadsyah, Kamis (17/9/2015).

Menurut Rakhmadsyah, penataan sampah di wilayah Percut Sei Tuan penataan pembuangan sampah belum dilakukan dengan baik. Ia menyebut beberapa wilayah perumahan yang belum mengatur pengelolaan sampah dengan benar, yakni Medan Estate dan Perumnas Mandala.

"Medan Estate belum ada pembuangan sampah. Tapi kalau yang di daerah Perumnas Mandala masih dalam tahap pembahasan pemindahan tempat pembuangan sampah," katanya.

Menanggapi usulan Anggota DPRD dari F-PKB itu, Lurah Kenangan Lama, Fikri H Lubis mengaku sangat senang dengan adanya wakil rakyat yang masih memiliki kepedulian terhadap persoalan sampah.

"Sampah yang menggunung di perumnas keberadaanya lebih dulu berdiri dari pada rumah warga. Jadi kalau memang mau dibereskan kami dengan senang hati," katanya.

Kata Fikri, kendala untuk mewujudkan kelurahan yang bebas sampah memiliki kendala, diantaranya kurangnya armada pengutip sampah dan becak pengangkut sampah. Petugas becak saat ini cuma 18 orang untuk kelurahan Kenangan Lama sebanyak 8 orang dan di Kenangan Baru 10 orang.

"Kami masih butuh tujuh armada becak untuk kenangan lama. Plus satu unit truk fuso supaya sampah-sampah ini bisa dipindahkan. Kami juga perlu sampaikan satu unit eskavator pengorek sampah sudah rusak karena usianya sudah tua. Itu eskavator sudah sejak 2002," katanya.

Kini lokasi Tempat Pembuangan Sampah yang berlokasi di Kenangan Lama jauh lebih rapi semenjak Camat Percut yang baru Tengku Muhammad Zaki Aufa. Ia menghubungi Dinas PU sehingga diberi bantuan dua unit truk Fuso dan satu eskavator untuk dipinjamkan sementara menangani sampah yang sempat mengunung.