Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

DPRD Kaltim Bakal Gunakan Hak Interpelasi

Berita Utama
DPRD Kaltim Bakal Gunakan Hak Interpelasi

Kaltim - KUNJUNGAN Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak beserta rombongan ke Rusia bakal menuai interpelasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim. Dewan melihat ada indikasi pelanggaran yang dilakukan gubernur dan rombongannya.

Menurut Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Syafaruddin, pengajuan hak interpelasi dilakukan untuk meminta keterangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim atas kunjungan ke Rusia.

"Kunjungan Awang Faroek Ishak ke Rusia itu ada indikasi pelanggarannya. Di nomenklatur undangan hanya mengatasnamakan Gubernur Kaltim, tapi Awang Faroek malah membawa rombongan yang terdiri dari kepala SKPD,” kata Syafaruddin, Rabu (23/9/2015).

Syafarudin mengakui kalau kunjungan tersebut bernilai strategis bagi kepentingan pembangunan di Kaltim. Namun, Awang Faroek dianggap tidak peka terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi rakyat Kaltim saat ini.

“Pada saat semua orang sedang menghadapi kabut asap, di saat berbagai pihak berupaya memadamkan kebakaran lahan, kok Awang Faroek main tinggal-tinggal aja. Seperti tidak punya kepekaan terhadap penderitaan rakyat,” katanya.

Kata Syafaruddin, sejauh ini terdapat tiga fraksi yang sepakat mengajukan hak interpelasi yakni Fraksi PKB, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), dan Fraksi Hanura. Agar hak interpelasi bisa dipenuhi, setidaknya lima dari sembilan fraksi di DPRD Kaltim yang mengajukan hak interpelasi.

"Kita tinggal menunggu dua fraksi lagi, tapi kami yakin dapat memenuhi itu. Kemungkinan akan kita ajukan setelah Idul Adha,” katanya.

Rekomendasi untuk dibaca