Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Elektabilitas PKB Tinggalkan Demokrat

Berita Utama
Elektabilitas PKB Tinggalkan Demokrat

PKBNews - ANALISIS bahwa partai Islam menguat di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang kian terbukti. Hal tersebut sejalan dengan hasil survei yang dilakukan lembaga survei independen PolMark Indonesia terkait tingkat elektabilitas partai politik (parpol).

PolMark Indonesia melansir bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinahkodai H Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungguli Partai Demokrat. PKB meraih 6,3 persen, sementara Demokrat 5,3 persen. Sementara posisi pertama, kedua dan ketiga masih di pegang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) 25,1 persen, Partai Golkar 9,2 persen dan Partai Gerindra 7,1 persen.

"Survei ini bukan dibiayai Jokowi dan Prabowo dan bukan juga dibiayai mereka yang duduk di depan (narasumber). Lalu kemudian pihak yang kerja sama dengan kami tidak bersedia dipublikasikan. Dia hanya mempersilakan hasil survei kami dipublikasikan," tutur CEO PolMark Eep Saefulloh di kawasan SCBD, Jakarta, kemarin.

Perolehan di bawah parliamentary threshold 3,5 persen (tak lolos parlemen) yakni NasDem 2,8 persen, PKS dan PPP sama-sama dapat 2,4 persen. Sedangkan, Perindo 1,7 persen, Hanura 0,3 persen, PBB 0,2 persen. PKPI, PSI dan Partai Idaman 0 persen.

Sementara yang menjawab golput 1,3 persen. Rahasia 8,5 persen dan tidak tahu tidak menjawab sebanyak 23,8 persen.

Survei dilakukan pada 9 - 20 September. Populasi survei WNI seluruh Indonesia yang memiliki hak pilih. Dengan jumlah responden 2250 orang dengan metode mulstistage random sampling. Margin of error 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.