F-PKB Dorong Pemerintah Keluarkan Perpres Perlindungan Petani Tebu

Berita Parlemen
F-PKB Dorong Pemerintah Keluarkan Perpres Perlindungan Petani Tebu

PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan mendorong pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) ataupun Peraturan Pemerintah (PP) agar gula tidak terkena pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen.

"Kita sudah mendengarkan keluhan petani tebu, kita akan menindak lanjuti dengan mendorong pemerintah mengeluarkan Perpres maupun PP agar gula tidak kena PPN 10 persen," ujar Sekretaris F-PKB DPR RI, Cucun Ahmad Sjamsurizal, Rabu (5/7/2017).

Menurut Cucun, langkah awal perjuangan PKB adalah dengan mengerahkan setiap anggota PKB yang ada di komisi untuk meminta Kementerian Keuangan (Kemenkue) dan Dirjen Pajak untuk tidak menarik pajak PPN 10 persen kepada pedagang sebelum ada keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sekarang ini momentumnya, sebab semua kementerian dan lembaga negara tengah melakukan sinkronisasi dengan komisi-komisi terkait. Kita minta setiap anggota untuk dapat memperjuangkan nasib petani tebu," katanya.

Sebetulnya, kata Cucun, persoalan ini sudah ditanyakan berulang kali kepada Menteri Keuangan Srimulyani. Namun jawabannya masih belum memuaskan.

"Dan pada waktu itu keputusan MK yang membatalkan keputusan MA belum keluar. Kendati keputusan MK juga tidak menyebut nama 11 komuditas yang tidak dikenakan pajak. MK hanya menyebutkan secara garis besar bahwa komuditas yang diperlukan atau dibutuhkan rakyat tidak dipungut pajak," katanya.

Ketua Umum DKN Garda Bangsa itu memahami penderitaan yang dialami petani tebu jika pemerintah jadi memungut PPN 10 persen. Ia melihat penderita petani tebu bertambah panjang sewaktu Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan surat edaran (SE) terkait acuan harga gula yang acuannya di bawah standar harga produksi.

"Kita akan bela petani tebu agar tidak bertambah panjang penderitaanya," tandas Cucun.
 

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.