Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

F-PKB Dorong Pergantian Ketua DPR RI

Berita Parlemen
F-PKB Dorong Pergantian Ketua DPR RI

PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hj Ida Fauziyah meminta segera dilakukan pergantian Ketua DPR dari tangan Setya Novanto (Setnov).

"Golkar harus segera menarik Setnov dari posisi Ketua DPR RI karena telah menjadi tersangka korupsi proyek pengadaan e-KTP," katanya, Selasa (21/11/2017).

Ida berharap Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dapat segera mengeluarkan keputusan terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Setnov.

"Semua harus diproses sesuai dengan aturan di MKD," katanya.

Ida menuturkan, F-PKB  situasi pimpinan di DPR tak terganggu secara signifikan terkait kasus dugaan korupsi e-KTP yang menjerat Setnov. Citra DPR pun dapat tercoreng kalau tidak segera melakukan pergantian.

"Karena ini pimpinan kolektif kolegial tidak terganggu, tapi tak bisa dipungkiri memang agak terganggu secara pencitraan. Cuma PKB nggak bisa berbuat banyak," ujarnya.

Ida mengembalikan sepenuhnya kepada Fraksi Golkar untuk mengganti Setnov dari Ketua DPR. Begitu pula soal dugaan pelanggaran etik. Ida menyerahkan kepada MKD semua persoalan ini dan untuk segera bersikap.

"Kami ikuti aturan mainnya, pergantian harus dari partai pengusung, kembalikan ke Partai Golkar. Etik, kami kan ada pelaporan di MKD kan," katanya.

Setnov resmi ditahan di Rutan KPK sejak Minggu (19/11). Ketua Umum Golkar itu dipindahkan oleh tim KPK dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, ke Rutan KPK setelah dokter memastikan Setnov tidak perlu melakukan perawatan lagi.