Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

FPKB DPR Kawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Berita Utama
FPKB DPR Kawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual
PKBNews - ANGGOTA DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) KH Maman Imanulhaq menegatakan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkomitmen untuk mengawal Rancangan Undang-Undang (RUU) penghapusan kekerasan seksual di Indonesia.
 
Menurut Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Maman Imanulhaq, komitmen ini, dalam rangka menjawab persoalan yuridis belum mampunyai RUU tersebut dalam merespon fakta kekerasan seksual selama ini di tengah masyarakat.
 
"Perlindungan terhadap perempuan Indonesia selama ini tak punya payung hukum sempurna via KUHP, maka PKB berkomitmen serius membahas dan mengawal RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ini sampai bisa disahkan menjadi UU," kata KH Maman Imanulhaq di Jakarta, Selasa (12/9/2017).
 
Maman mengatakan bahwa diharapkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ini bisa menjadi payung hukum dalam memberikan kejelasan. Di samping kepastian untuk mencegah tindakan kekerasan seksual di tanah air.
 
"Intinya, RUU ini akan menjadi solusi yang terbaik untuk mengurangi angka kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak yang selama ini terjadi," kata Maman. 
 
Komisi VIII DPR RI melakukan pembahasan dengan sejumlah kementerian terkait Rancangan Undang-undang penghapusan Kekerasan seksual, awal pekan ini. 
 
Kementerian yang ikut dalam pembahasan diantaranya Kemneterian Dalam Negeri, Kementerian Peberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Kementerian Kesehatan, kementerian sosial‎, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.