Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

FPKB DPR Mendesak MKD Proses Status Setya Novanto

Berita Parlemen
FPKB DPR Mendesak MKD Proses Status Setya Novanto
PKBNews - MAHKAMAH Kehormatan Dewan (MKD) didesak untuk segera memproses status Setya Novanto sebagai Ketua DPR setelah penahanannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi sorotan publik.
 
Hal itu dikatakan Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR Lukman Edy di Gedung Nusantara II, Jakarta, Kamis (23/11/2017). 
 
Menurut Lukman, jika kondisi itu tidak direspon dengan cepat akan berdampak buruk terhadap lembaga legislatif itu.
 
"Harus jadi prioritas MKD sekarang dan harus menjadi prioritas, terserah keputusannya seperti apa MKD," ujar Lukman. 
 
Lukman mengatakan MKD harus segera melakukan rapat karena kalau tidak akan dinilai tidak responsif karena kasus Novanto sudah menjadi isu publik, bukan hanya di internal DPR.
 
Wakil Ketua Komisi II DPR itu mengatakan abhwa MKD harus segera melakukan rapat internal karena UU MD3 sudah memberikan amanat sehingga tidak perlu mengawalinya dengan rapat konsultasi dengan para pimpinan fraksi.
 
"Untuk apa pakai rapat konsultasi karena itu hanya boleh dibuat oleh Ketua DPR atau pimpinan DPR yang mengundang fraksi-fraksi," kata Lukman. 
 
Pihaknya, kata Lukman, menghormati mekanisme internal Golkar yang tetap mempertahankan Novanto sebagai Ketua DPR namun juga harus menghormati mekanisme internal di DPR.
 
Lukman menambahkan bahwa mekanisme di Partai Golkar walau pun ada hubungannya dengan internal DPR tapi internal DPR tidak tergantung sepenuhnya pada sikap maupun proses di internal Golkar.
 
"Saya selalu katakan kami hormati mekanisme internal Golkar tapi Golkar juga harus menghormati mekanisme internal yang ada di DPR," tandas Lukman.