Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Fraksi PKB SBB Jalankan Intruksi Ketum PKB, Sumbang Gaji untuk Rohingya

Berita Daerah
Fraksi PKB SBB Jalankan Intruksi Ketum PKB, Sumbang Gaji untuk Rohingya

PKBNews - FRAKSI Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, jalankan intruksi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB H Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menyumbangkan satu bulan gajinya bagi warga Rohingya di Myanmar yang menjadi korban kemanusiaan.

"Fraksi PKB SBB menjalankan instruksi Ketua Umum DPP PKB Pak Muhaimin Iskandar untuk membantu warga Rohingya," ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten SBB, Mustafa Nasir, Kamis (7/9/2017).

Menurut Mustafa, ia dan seluruh Anggota F-PKB DPRD Kabupaten SBB langsung menindaklanjuti perintah Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar setelah mendengar bahwa setiap kader NU dan kader PKB, dari mulai menteri, anggota DPR RI, DPRD, kepala daerah sampai tukang sapu wajib untuk menyumbangkan gajinya satu bulan bagi muslim Rohingya.

Dia menambahkan, saat ini kekerasan yang dialami warga Rohingya dapat disaksikan melalui media baik elektronik, media massa cetak maupun media sosial bahwa kekerasan semakin memperburuk kondisi warga Rohingya.

"Saya, La Maarup Tomia, Eko Budiono dan Salim Huath telah bersepakat agar gaji pokok bulan ini kita sumbangkan untuk etnis rohingnya, nantinya bantuan tersebut disalurkan melalui rekening a/n Yayasan Lazis NU," tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupateb SBB itu.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPW) PKB Maluku, Basri Damis mengaku telah mengawal langsung intruksi Ketua Umum PKB H Abdul Muhaimin Iskandar agar seluruh kader PKB menyumbangkan gaji yang diterimanya bulan ini untuk muslim Rohingya.

“Saya kawal langsung instruksi ketua umum, semua anggota asal PKB baik yang di provinsi maupun kabupaten atau kota, serta para kader PKB lainya agar dalam seminggu ini pasti sudah transfer ke rekening kemanusiaan Lazisnu," tuturnya.

Basri mengapresiasi langkah Ketua Umum DPP PKB yang sangat responsif terhadap konflik etnis Rohingya dan cukup keras melakukan protes kepada Pemerintah Myanmar.

“Pak Muhaimin protes keras melalui surat yang ditujukan ke Aung San Suu Kyi, lalu ketemu para biksu dan juga instruksi ke kami, tentu kami juga akan melakukan solidaritas yang sama di daerah," ujarnya.

Basri mengimbau agar masyarakat Maluku tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu pertikaian agama, serta menyerahkan sepenuhnya penanganan kepada pemerintah.

"Saya harap agar seluruh masyarakat ikut mendoakan, para pemuka agama juga turut memberikan pemahaman kepada umatnya. Menyampaikan aspirasi boleh boleh saja, tetapi mari dilakukan dengan tepat dan santun,” ujarnya.