Harus Dipercepat, Pembangunan Pascapanen

Berita Utama
Harus Dipercepat, Pembangunan Pascapanen
PKBNews - PEMBANGUNAN sarana pascapanen di desa harus dipercepat. "Kami sudah memantau di Karawang, sejauh ini persiapan menyambut Ramadhan dan Idul Fitri stoknya mencukupi," KATA Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Jakarta, belum lama ini. 
 
Kendati demikian, kata Menteri Eko, percepatan hasil tersebut belum diimbangi oleh ketersediaan sarana pascapanen yang cukup memadai. Sebagai contoh, jumlah gudang beras yang ada saat ini baru mencapai kapasitas 3.000 ton.
 
"Target idealnya Kementan sekitar 10 juta ton untuk kapasitas gudang. Ini akan segera kita bangun, baik yang besar-besar maupun yang kecil-kecil di desa," ujar Menteri Eko. 
 
Apalagi, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, tidak dipungkiri akibat kekurangan sarana pascapanen selama ini hasil pertanian dari desa banyak dikirim ke gudang-gudang besar milik Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) yang notabene berada di kota besar. Pun nantinya akan dikembalikan ke desa jika sewaktu-waktu desa membutuhkan stok pangan.
 
Ironisnya, berdasarkan laporan biaya logistik yang dihabiskan dari perjalanan hasil panen tersebut bisa mencapai Rp12 triliun dalam setahun. Padahal, menurut Mendes, persoalan itu seyogianya dapat teratasi apabila setiap desa memiliki rumah pangan ataupun lumbung-lumbung desa yang mencukupi.
 
"Kalau di desa-desa punya rumah pangan desa atau lumbung-lumbung desa, nanti hanya yang lebihnya saja yang dikirim ke luar desa sementara sisanya tetap disimpan untuk kebutuhan di desa itu," kata Menteri Eko. 
 
Melalui program dana desa, kata Menteri Eko, akan membuat lumbung-lumbung pangan desa. Setelahnya bekerja sama dengan Kementan akan dibuat gudang-gudang besar untuk di beberapa kota seperti Jakarta, Medan, Makassar, serta wilayah Indonesia bagian timur.
 
Menteri Eko juga berharap dengan mempercepat pengadaan sarana pasca panen baik di kota maupun desa bukan sekadar mampu menampung hasil panen yang akan terus bertambah nantinya, melainkan lebih dari itu berimbas pula terhadap kestabilan harga pangan terutama jelang hari besar.
 
"Sektor pertanian kita sebetulnya bagus. Jangan sampai gara-gara sarana pasca panen kurang ngga bisa nampung hasil panen sehingga harganya jatuh," tandas Menteri Eko. 
DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.