Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

HTI Tetap Bubar

Berita Parlemen
HTI Tetap Bubar

PKBNews - KENDATI Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi kemasyarakatan (Ormas) ditolak Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) tetap saja Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dinyatakan bubar.

"Kalau Perppu ditolak, keputusan hari ini tentang pembubaran HTI itu tidak berlaku surut, tetap bubar," kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Lukman Edy di Jakarta, Raby (19/7/2017).

Lukman mendukung langkah pemerintah mencabut status badan hukum HTI. Kata dia, pembubaran HTI tidak perlu menunggu DPR untuk mengesahkan Perppu menjadi Undang-undang.

"Apa gunanya Perppu itu dibuat kalau menunggu persetujuan DPR untuk mengeksekusi," katanya.

Lukman menegaskan, Perppu Ormas sudah langsung berlaku untuk membubarkan HTI dan ormas radikal sejak diumumkan pemerintah, tanpa menunggu DPR.

Lukman mengatakan dia belum menerima berkas Perppu tersebut dari pemerintah. Padahal, enam hari lalu, Wakil ketua DPR Agus Hermanto menyatakan telah menerima berkas Perppu dari pemerintah.

Perppu itu, kata Lukman, seharusnya perlu dibahas oleh Komisi II DPR untuk ditindaklanjuti di tingkat Pansus atau Bamus.

 

Rekomendasi untuk dibaca
4 bulan 4 pekan yang lalu
HTI Tetap Bubar