Indonesia Perlu Kembali Kembangkan Pesawat Buatan Sendiri

Berita Utama
Indonesia Perlu Kembali Kembangkan Pesawat Buatan Sendiri

PKBNews – RENCANA pemerintah memproduksi pesawat R80 dan N245 ditanggapi beragam di Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Pihak yang menolak rencana tersebut beralasan nilai proyek produksi belum jelas, konsepnya pun belum jelas.

Namun Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Nasim Khan menilai pengembangan pesawat buatan putra-putri Indonesia patut didukung agar bangsa ini tidak ketinggalan dengan bangsa lain di dunia.

"Saya kira kita harus memberi peluang pemerintah memproduksi pesawat ciptaan anak bangsa sendiri. Bayangkan Indonesia tanpa pesawat terbang. Makanya, kita harus membuat pesawat terbang sendiri," katanya, Jumat (17/2/2017).

Sekretaris Majelis Pecinta Sholawat Nusantara (Majelis Pesona) menambahkan, pemerintah sudah sangat matang dengan rencananya. Bahkan, mereka sudah memiliki strategi dalam memasarkan.

Yang perlu diketahui, produksi pesawat R80 dan N245 akan dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta nasional. R80 akan diproduksi oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) yang didirikan oleh Presiden ke-3 RI BJ Habibie bersama putranya Ilham Akbar Habibie. Sementara N245 digarap oleh BUMN yaitu PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang bekerja sama dengan LAPAN.

"Keinginan agar Indonesia memproduk pesawat made in sendiri memang sudah ada sejak lama. Bahkan sudah ada sejak Presiden RI Soekarno," kata Nasim.

Nasim menegaskan, bangsa ini harusnya memahami bahwa industri pesawat merupakan industri strategis. Sebab, industri dirgantara akan dibutuhkan sepanjang masa.

"Sebagai negara kepulauan kita pun membutuhkan pesawat. Bukan hanya pesawat yang dapat mendarat di darat, tapi juga pesawat yang dapat mendarat di darat," tandasnya.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.