Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Ini Kata AKK Tentang KH Mahfudz

Berita Utama
Ini Kata AKK Tentang KH Mahfudz

PKBNews - KEPULANGAN KH Mahfudz, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2020 kepangkuan Ilahi robbi pada Ahad, 28 Mei 2017, mengejutkan umat muslim, khususnya kalangan Nahdliyin. Sosok yang memiliki pandangan tegas melawan Orde Baru (Orba) itu kerap menjadi salah satu rujukan aktivis muslim dalam melakukan pergerakan melawan Orba.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Kadir Karding (AKK) memiliki cerita sendiri saat bersentuhan pemikiran maupun perbuatan dengan KH Mahfudz.

"Ketika masih menjadi mahasiswa sekaligus aktivis dahulu, saya banyak belajar dari KH Mahfudz. Beliau adalah salah satu rujukan kami," katanya, Selasa (30/5/2017).

Dalam pandangan AKK, KH Mahfudz termasuk tokoh yang memiliki pandangan tegas melawan Orba. Terutama dalam memperjuangkan Islam dan demokrasi.

"Beliau itu orang baik, idealismenya kuat. Beliau juga menjadi tempat mengadu berbagai golongan, termasuk teman-teman minoritas kalau mendapakan masalah," tutur Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu.

Menurut AKK, KH Mahfudz juga menjadi salah satu tokoh NU yang bisa diterima dan masuk kesemua kelompok karena sikapnya yang memperjuangkan kemanusiaan.

"Beliau memiliki prinsip kemanusiaan yang perlu diperjuangkan. Disaat-saat sulit, ketika saya memimpin DPW PKB Jateng, beliau selalu hadir mendampingi dan membela saya dan PKB. Padahal, saat bersamaan banyak orang lari dari PKB," tuturnya.

Ketua Fraksi PKB Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) itu berkata, KH Mahfudz adalah sosok kiai pembela, motivator sekaligus inisiator.

"Semoga Allah menerima semua Amal kebaikan beliau," tandas AKK.