Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Ketum PKB Prihatin Daya Beli Petani Terus Anjlok

Berita Headline
Ketum PKB Prihatin Daya Beli Petani Terus Anjlok

PKBNews – KETUA Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkapkan keprihatinannya atas daya beli masyarakat yang terus anjlok, dan itu dialami warga perkotaan hingga pedesaan.

"Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi perekonomian nasional. Untuk itu pemerintah seharusnya segera membuat program mendongkrak daya beli itu dimulai dari masyarakat desa terutama petani," ucap Cak Imin menanggapi peringatan Hari Tani Nasional di Kantornya Jakarta, Kamis (28/9).

Cak Imin menuturkan, turunnya daya beli warga pedesaan dikarenakan masyarakat banyak bergantung pada sektor pertanian. Nasib petani era Presiden Joko Widodo yang terus menurun sesuai indikator kesejahteraan petani yaitu Nilai Tukar Petani (NTP). NTP merupakan perbandingan antara indeks yang diterima petani dengan indeks harga yang harus dibayar petani.

Periode April 2016 hingga Juli 2017, misalnya, NTP petani tanaman pangan masih di bawah 100. Artinya, para petani mengalami tekor bahkan dalam kurun 15 tahun terakhir.

Cak Imin menyayangkan klaim Pemerintah melalui Kementerian Pertanian terkait angka produksi yang terus meningkat.

"Pemerintah boleh bangga dengan angka itu (produksi naik). Namun apa artinya jika pelaku utamanya (petani) tak sejahtera, bahkan semakin terpuruk dengan daya beli yang terus anjlok,” katanya.

Cak Imin menambahkan, "Kami mendesak pemerintah menekan mekanisme pasar untuk menghindari liberalisasi pasar yang dimainkan mafia-mafia pertanian.”