Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

KOMISI II DPR Akan Kunjungi Papua

Berita Utama
KOMISI II DPR Akan Kunjungi Papua

Jakarta-WAKIL Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Lukman Edy mengatakan Komisi II DPR telah menjadwalkan untuk mengunjungi Papua. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meninjau kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Provinsi Papua pada 4-8 Agustus 2015.

"Ada 15 orang anggota Komisi II DPR RI yang akan berangkat ke Papua untuk meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak," kata Lukman Edy, anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Menurut Lukman Edy, Komisi II akan bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Papua dan Pemerintah Provinsi Papua, Kapolda, Pangdam Cenderawasih, dan Panitia Pengawas Pemilu Provinsi Papua.

Lukman Edy mengatakan Komisi II DPR akan menanyakan beberapa hal terkait dengan kesiapan masing-masing instansi tersebut untuk melaksanakan Pilkada serentak di Provinsi Papua.

"Kepada masing masing instansi akan ditanyakan soal persiapan pelaksanaan Pilkada," kata Lukman Edy.

Lukman Edy menjelaskan bahwa kunjungan Komisi II DPR ke Papua ditekankan pada aspek keamanan khususnya menjelang Pilkada serentak agar berjalan lancar.

Politisi PKB itu menambahkan bahwa Komisi II DPR mengharapkan pelaksanaan Pilkada serentak di Papua berjalan aman dan lancar dengan persiapan yang matang.

"Kami harap pelaksanaan Pilkada serentak aman dan lancar serta tidak terganggu dengan provokasi-provokasi dari berbagai pihak," kata Lukman Edy.

Selain itu, Lukman Edy pun berharap kasus kerusuhan di Tolikara pada Jumat (17/7) tidak mengganggu atau tidak memberikan efek negatif terhadap pelaksanaan Pilkada serentak di Papua.

Karena itu, kata Lukman Edy, Komisi II DPR ingin memastikan bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik sehingga ketika saat pelaksanaannya pada 9 Desember 2015 berjalan sesuai harapan.