Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Laksanakan Progam Kemendes, Desa Dapat Tambahan Dana

Berita Utama
Laksanakan Progam Kemendes, Desa Dapat Tambahan Dana
PKBNews - PARA Kepala Desa yang melaksanakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mendapatkan tambahan dana pada 2018.
 
"Empat program prioritas telah dirancang untuk membantu pertumbuhan perekonomian di pedesaan," Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Senin (10/7/2017). 
 
Empat program yang dimaksud Menteri Eko itu adalah penerapkan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), pembangunan embung, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membangun sarana olahraga desa.
 
Permintaan tersebut untuk menghindari ketiadanaan penambahan dana desa pada desa yang tidak melaksanakan program prioritas kementerian desa pada 2018 yang dipastikan akan mengalami peningkatan anggaran menjadi sebesar Rp120 triliun dari Rp60 triliun pada 2017.
 
"Pemerintah pusat akan memberikan insentif dengan melipatgandakan dana desanya tahun depan kalau empat program itu dilaksanakan. Jadi, tahun depan dana desa akan meningkat dua kali lipat. Desa akan turut mendapatkan penambahan dana desa tapi dengan catatan. Dengan catatan kalau program prioritas kementerian dilaksanakan," kata Menteri Eko.
 
Selain itu, Menteri Eko pun mengharapkan agar BUMDes yang dibentuk oleh tingkat kabupaten dan desa dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu satu tahun, dengan adanya BUMDes, ekonomi di desa mengalami pertumbuhan yang pesat," tandas Menteri Eko yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa.