Mendagri Didesak Cabut SE Belanja Hibah

Berita Utama
Mendagri Didesak Cabut SE Belanja Hibah

Jakarta - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo didesak untuk segera mencabut Surat Edaran (SE) 900/4627/SJ tentang Belanja Hibah. Pasalnya, SE Mendagri tersebut menimbulkan kesalahan penerapan di masyarakat.

"Kami mendesak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mencabut SE Mendagri 900/4627/SJ tentang Belanja Hibah. Karena surat edaran tersebut menimbulkan kesalahan penerapan," tegas Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Jazilul Fawaid, Jumat (16/10/2015).

Menurut Jazilul, berdasarkan laporan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur kemunculan SE Mendagri 900/4627/SJ mengakibatkan terjadi kesalahan penerapan di lapangan yang mengakibatkan badan dan lembaga di bawah binaan Nahdlatul Ulama (NU) yang jelas alamat dan sasarannya untuk umat malah tidak mendapatkan dana hibah hanya karena syarat administrasi.

"Syarat administrasi yang dimaksud adalah akte notaris, ditambah ketidak cermatan petugas dalam verifikasi. Karena itu, F-PKB memandang agar SE Mendagri 900 tersebut dicabut atau dievaluasi," katanya.

Ia menambahkan, penyaluran dana hibah harusnya cukup diatur dengan peraturan daerah, dan daerah yang paling mengetahui keberadaan berbagai lembaga keummatan itu.

"Tidak perlu lagi Mendagri mengatur soal penyaluran dana hibah. Kenyataanya banyak lembaga yang seharusnya mendapatkan bantuan malah tidak dapat,” katanya.

Sebelumnya Surat Edaran (SE) No 900/4627/SJ tertanggal 18 Agustus 2015 tentang Penajaman Ketentuan Pasal 298 Ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dari Mendagri tersebut mendapat reaksi dari DPRD dan NU di Jawa Timur.

Banyak lembaga dan badan binaan NU tidak mendapat dana hibah tersebut hanya karena masalah adminsitrasi, legal formal.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.