Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Eko : Untuk Membangun Desa, Kemendes Libatkan Mahasiswa

Berita Utama
Menteri Eko : Untuk Membangun Desa, Kemendes Libatkan Mahasiswa
PKBNews - PEMERINTAH dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi berupaya keras mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat desa. 
 
Terkait dengan hal itu, Kemendes PDTT pun mendorong program prioritas Sarjana Masuk Desa. 
 
"Program Sarjana Masuk Desa ini pada awal diluncurkan sedikitnya ada 13 Perguruan Tinggi (PT) terlibat di dalamnya," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Jumat (17/2/2017). 
 
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan bahwa ada beberapa target sasaran program Sarjana Masuk Desa tersebut. Satu diantaranya adalah memberikan pendampingan pada penyelenggaraan pemerintahan desa. Selain itu, membantu seleksi pendamping desa. 
 
”Pada awal program, sudah ada sekitar 7500 mahasiswa yang turun ke desa-desa. Mereka melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN),” kata Menteri Eko. 
 
Selain membantu program seleksi pendamping desa, kata menteri Eko, mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) pun membantu memberikan pelatihan di bidang administrasi desa dan menjadi konsultan civil untuk pemenuhan infrastruktur desa. 
 
”Untuk infrastruktur meliputi jalan desa, jembatan hingga bangunan milik desa,” tanda Menteri Eko.