Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Hanif Dhakiri Berikan Bibit Pohon Kepada Pemudik

Berita Utama
Menteri Hanif Dhakiri Berikan Bibit Pohon Kepada Pemudik

Jakarta - PARA pemudik dibekali bibit pohon oleh Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri dalam program mudik bersama BPJS Ketenagakerjaan. Bibit pohon ini diharapkan dapat ditanam di kampung halaman masing-masing.

"Jangan lupa bibit pohon ini ditanam di kampung sehingga dengan pohon ini tumbuh dan berkembang pahala Bapak dan Ibu mengalir. Selamat menikmati mudik bersama. Sampaikan salam Saya untuk keluarga di kampung," kata Hanif usai melepas Mudik Gembira (Green, Menyenangkan, Beriringan, Gratis) yang diselenggarakan oleh BPJS Ketengakerjaan di Plaza Utara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (12/7/2015).

Tak kurang dari 4 ribu pemudik yang merupakan pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan mengikuti program Mudik Gembira tersebut dengan menggunakan 75 bus.

Kegiatan yang telah diadakan untuk ketiga kalinya oleh BPJS Ketenagakerjaan itu mengantarkan pemudik ke dua rute yakni ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menaker kembali mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyelenggarakan mudik bersama untuk meringankan dan mempermudah para pekerja/buruh serta keluarganya yang akan mudik ke kampung halamannya masing-masing.

"Saya sudah menyurati seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota agar mendorong perusahaan di wilayahnya untuk memfasilitasi penyelenggaraan mudik lebaran bersama dengan para pekerjanya," kata Hanif.

Bagi perusahaan yang telah menyelenggarakan mudik bersama, Menaker menyatakan apresiasinya dan berharap agar kegiatan itu dapat menjadi kegiatan rutin.

Hanif mengatakan kegiatan mudik bersama merupakan upaya perusahaan memberikan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya, yang merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.

"Acara mudik bersama yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan ini kan baik karena sangat membantu meringankan dan mempermudah pekerja/buruh serta keluarganya yang hendak mudik lebaran tahun ini karena mempunyai transportasi yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor dimana lebih berisiko apalagi membawa keluarga dan anak," papar Hanif.

Menaker mengatakan terus mendorong perusahaan-perusahaan yang mampu agar menyelenggarakan mudik bersama pekerja/buruh serta keluarganya yang juga bermanfaat untuk mempererat hubungan pengusaha dan pekerja.

Tak hanya itu, Hanif pun mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan bantuan kepada pekerja/buruh yang berwujud paket-paket lebaran melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang dimiliki masing-masing perusahaan yang tentunya akan sangat menguntungkan dan membantu pada pekerja/buruh dalam merayakan hari lebaran.