Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Imam : Pemusatan Latihan Nasional Sebaiknya Terpusat di Satu Tempat

Berita Utama
Menteri Imam : Pemusatan Latihan Nasional Sebaiknya Terpusat di Satu Tempat
PKBNews - PELATNAS atau Pemusatan latihan nasional (pelatnas) sebaiknya memang terpusat di satu tempat dengan pilihannya di Cibubur di mana berdiri Rumah Sakit Olahraga Nasional.
 
"Saya ingin demikian karena seluruh rekam medik atlet itu dipusatkan di sana, pemanfaatan 'sport science' di sana, tes fisik dan psikologi di sana, kalau bisa Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) juga berkantor di sana agar selain ke depan kita punya database yang konkret tentang record mereka, peningkatan prestasi atlet juga lebih efektif dan efisien jika dengan Prima berkantor di sana juga," kata Menteri Pemuda dan Olahraga HM Imam Nahrawi di Jakarta, Rabu (20/9/2017). 
 
Sedangkan untuk atlet pelapis, kata Menteri Imam, pihaknya akan memanfaatkan fasilitas di Jakabaring, Palembang dan Jawa Barat yang digunakan setelah PON.
 
"Sehingga pelatnas tidak tersebar lagi di banyak tempat, kecuali cabang olahraga yang sudah punya pelatnas sendiri, seperti voli dan bulu tangkis, tapi yang lain harus mengikuti apa yang diputuskan," kata Menteri Imam. 
 
Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, pihaknya sudah membicarakan hal ini dengan tujuan untuk lebih efisien. 
 
"Kita sudah membicarakan ini, saya kira itu akan lebih efisien sebetulnya, mereka mengetahui persis kebutuhan yang diinginkan masing-masing atlet dan cabang olahraga. Seperti INASGOC, dana yang ada kita gelontorkan ke mereka dan dikelola mereka. Tapi tentu dengan mekanisme tanggung jawab yang akuntabel dan harus ada pengontrolnya seperti inspektorat, kejaksaaan, dan kepolisian," tandas Menteri Imam.