Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Menteri Nasir Tinjau Kapal Plat Datar

Berita Utama
Menteri Nasir Tinjau Kapal Plat Datar
PKBNews - PERSIAPAN pembuatan kapal plat datar yang akan diluncurkan pada puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 yang dipusatkan di Kota Makassar 10 Agustus 2017 ditinjau langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.
 
"Ini adalah pengerjaan kapal plat datar dan harapannya adalah pekerjaannya menjadi lebih singkat di mana kapal ini adalah inovasi dari satu perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia," kata Menristekdikti Mohammad Nasir di Makassar, akhir pekan lalu. 
 
Menteri Nasir menyatakan gembira dengan pekerjaan yang dilakukan PT IKI yang terus mengejar target diselesaikannya kapal plat datar untuk diluncurkam Presiden Joko Widodo saat Hakteknas.
 
Kapal itu nanti dirakit untuk nelayan di bawah koordinasi Universitas Hasanudin, Makassar. Kendati demikian, inovasi kapal plat datar diharapkan tidak hanya untuk nelayan, melainkan juga untuk angkutan penumpang seperti angkutan antarpulau.
 
Seperti diketahui bahwa Kemristekdikti menyiapkan kapal plat datar angkutan orang, sementara untuk angkutan barang, Menteri Nasir mendorong PT IKI untuk mengembangkannya.
 
"Sekaligus jika nanti digunakan Polisi untuk kapal patroli, kami juga akan kembangkan yang daripada ini nanti tentang mengatur kecepatan," ujar Menteri Nasir. 
 
Hakteknas 2017 berorientasi pada kemaritiman dan kapal plat datar menjadi salah satu inovasi yang akan diluncurkan dalam kegiatan itu.
 
Kapal yang juga dikenal dengan nama kapal katamaran itu, kata dia, dapat memecah gelombang dari depan, selanjutnya terowongan bawah kapal akan menggerakkan baling-baling di belakang secara otomatis dan mempercepat putaran kipas di belakang.
 
"Selama ini mungkin kita melihat kapal itu bentuknya V, ini adalah bentuknya tidak V lagi, seperti W tetapi dibalik," tandas Menteri Nasir.