MPR Disarankan Lakukan Kajian Mendalam Kasus Rangkap Jabatan OSO

Berita Parlemen
MPR Disarankan Lakukan Kajian Mendalam Kasus Rangkap Jabatan OSO

PKBNews - TERPILIHNYA Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) utusan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menjadi Ketua DPD RI membuat polemik ketata negaraan di Indonesia. Dan, Undang-undang (UU) belum mengatur jabatan ganda tersebut.

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) MPR RI, Lukman Edy mengusulkan agar rangkap jabatan yang diemban Oesman Sapta Odang (OSO) harus dikaji secara mendalam. Dan polemik tersebut harus disesuaikan dengan UU MD3 maupun UUD 1945.

"MPR harus segera melakukan kajian mendalam terhadap kasus ini. Jabatan OSO pun harus sesuai UU MD3 maupun UUD 1945," katanya, Jumat (7/4/2017).

Seandainya MD3 dan UUD 1945 tidak mengatur jabatan ganda, kata Lukman, maka seluruhnya diserahkan pada kebijakan internal MPR.

"Saya kira pimpinan MPR harus melakukan rapat gabungan untuk membahas soal ini," ujarnya.

Lukman menambahkan, jika dalam rapat gabungan tidak disetujui jabatan ganda maka harus dibuat aturan baru yang dimasukan ke dalam tata tertib (tatib). Pembuatan tatib atau perubahan tatib harus melewati sidang paripurna.

"Kasus rangkap jabatan ini adalah kasus baru yang belum diatur dalam tatib MPR. saya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR namun tercatat juga sebagai Ketua Badan Sosialisasi MPR.

"Karena tidak diatur bisa jadi nanti bisa dibolehkan bisa tidak dibolehkan," ucapnya.

Sepengetahuannya, tidak ada larangan bagi seorang pimpinan di DPR untuk rangkap jabatan di alat kelengkapan dewan (AKD) di MPR. Namun, jika norma soal rangkap jabatan ingin dimasukkan maka MPR harus mengubah tatib dalam sidang paripurna.

"Kalau MPR ingin memasukkan norma baru di dalam rangkap jabatan, maka MPR mengubah tatib, MPR lakukan sidang paripurna," tandasnya.
 

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.