Negara Eropa Diminta Tidak Bersikap Hipokrit

Berita Utama
Negara Eropa Diminta Tidak Bersikap Hipokrit

Jakarta - SEKRETARIS Dewan Syura Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Syaiful Bahri Anshori meminta negara-negara Eropa dan Barat agar mawas diri dan tidak terus menerus bersikap hipokrit.

"Dengan dalih membasmi terorisme atas nama negara, mereka (Eropa dan Barat) jangan selalu membuat kekacauan di negara-negara Islam dan negara berkembang. Padahal tindakan mereka itu sama dengan tindakan terorisme," katanya, Selasa (17/11/2015).

Menurut Syaiful, serangan teroris di Kota Paris, Prancis melukai seluruh umat manusia di dunia. Namun, yang perlu dipetik dari peristiwa itu adalah Prancis yang dikenal memiliki proteksi yang tinggi saja masih bisa kebobolan.

"Bayangkan saja, Prancis yang negaranya begitu secure (aman) dan ketat terhadap pendatang dan paham-paham radikal, bahkan teknologi canggih, justru kebobolan," katanya.

Syaiful memprediksi serangan di Paris tersebut jadi salah satu satu bentuk akumulasi kejenuhan kelompok-kelompok tertentu dari negara-negara korban invasi Eropa dan Barat. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, kata Syaiful, mungkinkah Indonesia menjadi target operasi teroris?. Ia meyakini Indonesia tidak akan menjadi target teroris seperti di Prancis.

"Indonesia ini kebijakan politik Internasionalnya kan non-blok. Sejauh kebijakan luar negeri Indonesia tidak mengusik ketentraman bangsa-bangsa lain dan berteman dengan semuanya. Semua akan baik-baik saja," papar Syaiful.

Syaiful mengingatkan Kementerian Luar Negeri agar selalu memonitor keberadaan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, terutama para tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Meski Indonesia tidak menjadi target terorisme, tapi sangat mungkin banyak WNI yang direkrut masuk jaringan mereka. Saya mendapat informasi, pola rekrutmen ISIS (kelompok Negara Islam Irak dan Suriah, red) terhadap WNI itu sekarang dilakukan di luar negeri," katanya.

Ia menambahkan, targetnya WNI yang bekerja di luar negeri. Sebab Indonesia saat ini sudah ketat. "Informasi yang masuk ke saya sudah sekitar 1000-an WNI yang direkrut ISIS di luar negeri sana," tandasnya.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.