Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pasal yang Memuat Mekanisme Pembubaran Ormas Harus Direvisi

Berita Parlemen
Pasal yang Memuat Mekanisme Pembubaran Ormas Harus Direvisi

PKBNews - KETUA Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hj Ida Fauziyah menegaskan pihaknya menerima dengan catatan terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Ormas. Salah satu pasal yang harus direvisi adalah soal mekanisme pembubaran Ormas melalui pengadilan.

"PKB terlebih dahulu mendengar aspirasi publik sebelum mendorong dilakukan revisi. Tetapi tentu PKB menginginkan Pancasila dicantumkan sebagai azas, dan itu harga mati. Harus dijadikan azas ideologi," katanya, Selasa (24/10/2017).

Ida berharap pengambilan keputusan Perppu Ormas dilakukan melalui musyawarah mufakat bukan dengan voting.

"Kalau bisa dimusyawarahkan. Dimusyawarahkan saja. Voting kan juga 7 dengan 3. Konstalasinya kan juga sudah jelas. Kita tidak perlu menang-menangan. Toh yang menolak juga revisi, kalau bagi PKB, Pancasila itu final dan harus jadi ideologi dan azas," katanya.

Untuk diketahui, Perppu Ormas akan diputuskan dalam 3 opsi yakni menerima, menerima dengan catatan, dan menolak Perppu Ormas. Partai-partai pendukung pemerintah seperti PDIP, Partai Golkar, Nasdem, dan Hanura solid sejak awal konsisten mendukung Perppu Ormas.

Sementara PKB dan PPP menerima dan mendukung Perppu Ormas menjadi UU, namun dengan catatan. Sikap PPP dan PKB diikuti oleh partai nonpendukung pemerintah, yakni Partai Demokrat.