Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pembahasan Presidential Threshold Masih Alot

Berita Parlemen
Pembahasan Presidential Threshold Masih Alot

PKBNews - KETUA Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu, Lukman Edy memastikan pembahasan Presidential Threshold (PT) antara Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) masih alot. Bahkan, pembahasan PT empat pembahasan penting lainnya.

"Alotnya pembahasan antara Pemerintah dan DPR RI karena menitik beratkan pada PT. Padahal, ada empat pembahasan lainnya yang juga harus segera dibahas," katanya usai mengikuti Rapat Pleno Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) yang sekaligus Halal bi Halal, Kamis (6/7/2017).

Pertanyaanya pasti, kata Lukman, kenapa Pansus tidak membahas isu lainnya. Persoalannya, empat isu lainnya mengikuti perkembangan dari PT.a

"Empat isu lainnya baru bisa dibahas kalau pembahasan PT sudah selesai alias sudah disepakati," katanya.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) itu berkata, empat isu tersebut adalah parlemeentariy threshold, system pemilu terbuka atau tertutup, konversi suara ke kursi, dan soal district magnitude.

"Keempat isu tersebut tidak terlalu prinsip. Sebab, ketika PT sudah mendapatkan kesepakatan, maka yang lainnya akan mengikuti dengan sendirinya," kata Lukman.

Lukman memastikan sepuluh hari kedepan Ketua Umum Partai Politik dan pimpinan fraksi akan mendapat beban berat untuk mencari titik temu terhadap PT ini.

"Para pemimpin bisa memberikan pemahaman dan pengertian secara komprehensif kepada pemerintah, kemudian pemerintah mau menurunkan posisi tawarnya, maka RUU ini bisa selesai dengan baik,” kata legislator asal Kepulauan Riau itu.