Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pemerintah Diminta Perketat Pengawasan Dunia Penerbangan

Berita Parlemen
Pemerintah Diminta Perketat Pengawasan Dunia Penerbangan

PKBNews - PEMERINTAH diminta perketat pengawasan dunia penerbangan Indonesia. Khususnya terhadap sumber daya manusia (SDM) di dalamnya.

"Kasus pilot Citylink yang diduga menggunakan narkoba harus menjadi pelajaran bagi pemerintah. Karena itu membuktikan pemerintah tidak ketat dalam pengawasan," ujar Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Fathan Suchi, beberapa waktu lalu.

Fathan menyarankan agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan maskapai penerbangan melakukan evaluasi besar-besaran terhadap pilot. Baik itu dari sisi beban kerja maupun gaya hidupnya.

"Kemenhub harus memerintahkan seluruh maskapai melakukan evaluasi kepada pilotnya. Baik soal kegiatan hidupnya maupun ritme beban kerjanya," katanya.

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI itu berharap beban kerja dijadikan alasan untuk mencari dispensasi. Untuk itu, ia meminta menyegerakan proses evalusi SDM di penerbangan.

"Ketegasan pemerintah dalam mengevaluasi dan menindak kasus-kasus seperti ini sangat penting, karena berkaitan dengan keselamatan dan pelayanan publik yang baik," ucap Fathan.

Fathan mengingatkan semua pihak bahwa pilot memiliki tugas mulia dan berbahaya. Diperlukan jiwa yang sehat untuk menerbangkan pesawat.

"Saya pun tidak mau naik pesawat yang pilotnya mabuk,” tegas Ketua IKA PMII DKI Jakarta itu.