Pemerintah Diminta Tak Remehkan Perjuangan Petani Kendeng

Berita Utama
Pemerintah Diminta Tak Remehkan Perjuangan Petani Kendeng

PKBNews - PEMERINTAH diminta tidak menganggap remeh perjuangan petani Pegunungan Kendeng yang menolak pembangunan pabrik PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng). Sebab, para petani Pegunungan Kendeng tidak hanya memperjuangkan mata pencarian mereka, melainkan menyelamatkan ekosistem yang terancam rusak.

"Saya dengan tegas menolak izin operasional pabrik Semen Rembang. Saya memandang bahwa suara penolakan oleh warga Kendeng masih sangat cukup kuat. Jangan pernah menganggap remeh perjuangan petani Pegunungan Kendeng," ujar Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Syaikhul Islam Ali, belum lama ini.

Menurut Syaikhul, izin baru yang dikeluarkan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dianggap mencederai aspirasi dan perjuangan masyarakat yang bermukim di kawasan Pegunungan Kendeng.

"Seharusnya gubernur tidak boleh asal gunakan kewenangan berikan izin tanpa mengindahkan warga yang menjadi korban," ucapnya.

Syaikhul menegaskan, perjuangan petani Pegunungan Kendeng bukan asal menolak pendirian pabrik semen di sekitar lokasi tempat mereka tinggal. Justru, ada dasar yang cukup kuat untuk mereka melakukan resistensi.

"Sumber daya air dan lingkungan hidup pendukung mata pencarian hidup mereka bisa rusak akibat operasi pabrik semen nantinya," ujarnya.

Dia meminta semua pihak menunggu hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang masih dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia yakin hasil kajian bisa memberi masukan dan perspektif yang lebih komprehensif dan adil. Jika kajian lingkungan belum tuntas, maka operasional pabrik semen harus dihentikan.

"Saya minta semua pihak tunggu hasil KLHS. Dengan adanya kajian tersebut tentu akan memperkaya cara pandang terhadap persoalan yang terjadi. Kami harap kajian itu bisa memberikan pandangan yang adil bagi warga Kendeng," harap Syaikhul.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.