Perusahaan Pengguna TKA Diminta Lakukan Pembinaan

Berita Utama
Perusahaan Pengguna TKA Diminta Lakukan Pembinaan

PKBNews - PERUSAHAAN pengguna jasa tenaga kerja asing diminta melakukan pembinaan dalam hal memahami budaya lokal. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir konflik antara tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal.

"Perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing harus melakukan pembinaan TKA agar mereka memahami di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung," ujar Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri di sela mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Ulum di Sembungan Utara, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (17/3/2017).

Hanif berkata, memahami budaya masyarakat lokal sangat penting karena ada kemungkinan berbeda style dan budaya. Ia mencontohkan, konflik antara Tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di pabrik pemurnian nikel milik PT Virtue Dragon Nikel Industri Dragon (VDNI) yang berada di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), awal Maret lalu.

"Kalau itu soal pidana, di mana-mana kalau kayak itu urusannya masuk pidana," tandasnya.

Menurut Hanif, konflik pekerja tersebut tidak akan terjadi apabila TKA memahami budaya atau kearifan lokal masyarakat setempat.

Pada era integrasi ekonomi khususnya MEA ini, kata Hanif, Indonesia harus menjadi negara yang ramah terhadap orang asing. Sikap ini harus dikedepankan sehingga ke depan tidak timbul permasalahan-permasalahan yang serius, terkait hubungan TKA dengan tenaga kerja lokal.

"Kalau soal TKA itu yang penting mereka legal, mereka tidak melanggar aturan. Kalau misalnya mereka ilegal ya kita pulangkan," ucapnya.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.