Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pimpin Pemenangan Emil, PKB Rayu PD dan PPP

Berita Utama
Pimpin Pemenangan Emil, PKB Rayu PD dan PPP

PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah gencar melakukan pendekatan ke Partai Demokrat (PD) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau Kang Emil dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018.

"Kami tengah melakukan pendekatan dengan beberapa partai yang harus diselesaikan apakah Demokrat, kemungkinan juga PPP. Kalau sudah clear nanti kita duduk bersama," terang Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Cucun Ahmad Syamsurijal, Senin (4/8/2017).

Saat ini, ungkap Cucun, baru PKB dan Nasdem yang sudah pasti mendukung Kang Emil. Sehingga masih tersisa delapan kursi yang harus dipenuhi agar Kang Emil bisa maju dalam Pilgub Jabar.

"Kami sudah pasti PKB serahkan dukungan ke Kang Emil. Sudah kami nyatakan surat dukungan ke Kang Emil antara PKB dan Nasdem. Tinggal pembicaraan lebih intensif ke satu partai lagi apakah Demokrat atau PPP. Kalau PPP tak mau, kami masih (bisa) berjalan sama Demokrat," ucapnya.

Cucun juga menjadi salah satu nama yang diajukan PKB untuk mendampingi Kang Emil menjadi bakal calon wakil gubernur, namun menjadi pertanyaan soal siapa yang menjadi wakil gubernur Emil ketika nantinya PPP dan Demokrat masuk ke dalam koalisi. Ia mengatakan dalam hal ini PKB ia yakini mampu mengambil massa dari akar rumput.

"Dari Jawa Barat, karena harus selesai dengan kelompok-kelompok grassroot yang bisa disentuh oleh stakeholder kiai-kiai kampung, masjid kecil ada di PKB. Kalau PPP hanya di struktural saja. Kita punya modal kuat di basis grassroot. Terutama Kang Emil ini kan punya kelebihan di kota. Untuk menyentuhnya harus kader PKB yang masuk," kata Cucun.