Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Munculkan Marianus Sae di Pilgub NTT

Berita Daerah
PKB Munculkan Marianus Sae di Pilgub NTT

PKBNews - KONSTELASI Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Timur (NTT) 2018 mulai menghangat. Partai-partai politik berlomba-lomba membangun koalisi. Bahkan, ada beberapa partai yang telah membentuk koalisi permanen. Artinya, telah menetapkan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung.

Melihat fenomana tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) bersepakat membentuk poros baru. Poros tiga partai tersebut belum menentukan siapa figur yang layak diusung menjadi calon gubernur dan waki gubernur.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB NTT, Yucun Lepa, sebagai partai berbasis Nahdlatul Ulama (NU) nasionalis, PKB belum menetapkan siapa yang akan disodorkan ke poros baru yang digagas bersama tersebut.

"PKB sempat memunculkan kadernya Marianus Sae sebagai bakal kandidat. Hanya saja belum mendapat tanggapan. Bukan kami saja, dari Hanura dan PKPI juga belum juga mengajukan calonnya," Rabu (20/9/2017).

Yucun berkata, ketiga partai poros baru ini tengah memproses nama-nama yang layak untuk diusung, salah satunya Marianus Sae. Ia sendiri sedang mengkonsultasikan hal tersebut ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.

"Hal itu penting untuk mendapat arahan lebih lanjut soal koalisi, termasuk terhadap bakal calon yang akan diusung dan diajukan PKB. Kita ingin dapat petunjuk lebih jauh soal Pilgub NTT. Besar harapan ada signal positif untuk pencalonan gubernur dan wakil gubernur nanti," kata dia.

Mengenai arah poros baru, kata Yucun, belum ada gambaran secara jelas sampai semua anggota koalisi mendapat intruksi dari DPP-nya masing-masing. Pasalnya, pilgub merupakan domain DPP dengan tetap memperhatikan masukan dari DPW PKB NTT.