Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

PKB Setujui Perppu Jika Diikuti Revisi UU Ormas

Berita Parlemen
PKB Setujui Perppu Jika Diikuti Revisi UU Ormas
PKBNews - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) jika diikuti dengan revisi Undang-Undang Ormas. Namun, PKB mensyaratkan agar revisi dilakukan terhadap klausul pembubaran ormas. 
 
"Pemerintah harus ada perjanian dengan kami. Kami terima, setelah itu revisi," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy di Jakarta, Kamis (5/10/2017).
 
Menurut Lukman, dalam Perppu Ormas, pemerintah memiliki kewenangan penuh membubarkan ormas tanpa memberi kesempatan pihak terkait untuk menguji pembubaran tersebut.
 
Wakil Ketua Komisi II DPR itu mengatakan, mekanisme pembubaran melalui pengadilan tetap harus ada meskipun prosesnya cenderung lama.
 
"Usulan PKB adalah hak pemerintah untuk membubarkan ormas itu tetap ada, tapi challenge itu diberikan ruang," kata Lukman.
 
Untuk mengantisipasi adanya revisi UU Ormas pascaperppu ormas disepakati, PKB bahkan akan menyiapkan draf revisi UU. Namun, PKB bisa saja menolak Perppu Ormas jija pemerintah menolak merevisi UU Ormas.
 
"Kalau pemerintah dalam pembicaraan tidak mau revisi, baru tolak," tandas Lukman.