PKB Tak Berniat Lemahkan KPK

Berita Utama
PKB Tak Berniat Lemahkan KPK

Jakarta - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) sama sekali tidak berniat melemahkan lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kendati PKB menjadi salah satu pengusul revisi Undang-undang (UU) No.30/2000 tentang KPK.

"Rencana melakukan revisi UU KPK sudah ada sejak lama, tapi subtansinya sama sekali tidak ada niatan untuk melemahkan KPK," kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi PKB (F-PKB), Irmawan, Jumat (9/10/2015).

Menurut Irmawan, ia sengaja menandatangani revisi UU No.30/200 tentang KPK karena tidak ingin melihat KPK bergesekan dengan Kepolisian dan Kejaksaan. Dipikirannya pada waktu itu adalah sesama subtansi penegak hukum harus saling menghormati.

"Namun, saya tidak sempat membaca draft RUU KPK yang beredar. Penandatanganan dilakukan jelang rapat paripurna hari Senin. Saya enggak sempat baca. Bayangan saya, konsep saja. Jadi tandatangan saja," katanya.

Irmawan berkata, pada waktu itu ia diminta ke ruangan Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian ia menandatangani form pengusul. Sementara draft RUU KPK tersebut tidak sempat dibacanya.

"Pada waktu itu, di PDIP ada Pak Ihsan. Anggota yang lain lebih kurang ada 3-4 anggota. Saya lupa namanya. Konsepnya tandatangan agar masuk prolegnas 2015. Kalau itu setuju," katanya.

Saat ditanya apakah dirinya akan mencabut tanda tangan karena RUU KPK menjadi polemik, Irmawan mengatakan, masih menunggu sikap F-PKB.

"Kita kan anggota DPR , petugas partai, kalau partai menghendaki tanda tangan itu kita akan tarik. Kita bagian dari Fraksi PKB," katanya.

Kata Irmawan, dirinya belum menerima sikap partai mengenai revisi UU KPK tersebut. Ia juga belum menyatakan pandangannya mengenai batas usia KPK selama 12 tahun. Hal lainnya yakni KPK hanya menangani kasus minimal Rp50miliar.

"Kita tidak bicara setuju tidak setujunya. KPK lembaga ad hoc, saya pikir keberadaan KPK perlu dikaji. Kita hanya mengajukan prolegnas prioritas 2015. Draft sudah ada bukan harga mati. Kita gugurkan nanti saat pembahasannya," tandasnya.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.