PKB Tolak Penerapan Tax Amnesty Rendah

Berita Utama
PKB Tolak Penerapan Tax Amnesty Rendah

Jakarta - PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) menolak jika tax amnesty atau pengampunan pajak diterapkan secara rendah. Karena pemberlakukan tax amnesty secara rendah akan memberikan dampak kurangnya rasa keadilan kepada wajib pajak lain yang taat membayar pajak. Demikian pernyataan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) PKB Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Daniel Johan, Senin (15/2/2016).

"Kami di F-PKB secara umum mendukung dilanjutkannya pembahasan rancangan undang-undang (RUU) Tax Amnesty. Namun, partai tersebut menolak klausul rendahnya pengaturan tarif tebusan," katanya.

Menurut Daniel, persentase pembayaran pajak harusnya sesuai dengan ketentuan yang ada, sehingga tetap memberikan rasa keadilan bagi wajib pajak lain yang taat membayar pajak.

"Negara-negara lain yang telah menerapkan regulasi pengampunan pajak juga tetap memberlakukan tarif yang tinggi. Kami menginginkan tax amnesty tidak hanya 3 persen, minimal 10 persen. Di beberapa negara juga melakukan hal yang sama, tidak sampai serendah itu juga," ujarnya.

Daniel berkata, manfaat tax amnesty bagi warga negara yang memarkirkan hartanya di luar negeri harusnya hanya berupa pengampunan atau pembebasan pemberian sanksi.

"Fraksi PKB siap untuk melobi fraksi-fraksi lain agar menyetujui usulannya. PPh itu kan 10 persen, kalau mereka ikut program tax amnesti tetap harus bayar 10 persen dan tidak akan dikenakan sanksi. Kalau misalnya tertangkap dan dikejar-kejar kan bisa kena denda 30 persen," katanya.

Daniel menegaskan, PKB sepakat dengan klausul pembayaran pajak tahun 2014 sebagai basis penghitungan harta yang mendapatkan fasilitas tax amnesty. Sejauh ini, kata Daniel, PKB belum memperoleh draf resmi RUU Tax Amnesty usulan pemerintah. Sehingga, ia belum bisa memberikan tangggapan secara komprehensif sikap partainya.

"Panja RUU Tax Amnesty yang belum dibentuk, jadi kami juga belum lihat drafnya. Namun, secara prinsip tax amnesty, kami akan memperjuangkan tarif tebusan 10 persen," katanya lagi.

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.