Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Pramoedya Sastrawan Indonesia Berpikir Cemerlang

Berita Headline
Pramoedya Sastrawan Indonesia Berpikir Cemerlang

PKBNews - SAAT Google membuat doodle spesial di hari ulang tahun Pramoedya Ananta Toer semua orang terkejut. Bahkan, generasi muda bertanya-tanya siapa Pramoedya.

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Abdul Muhaimin Iskandar paham benar kenapa google membuat doodle Pramoedya Ananta Toer (Pram).

"Mas Pram merupakan sastrawan Indonesia kelas dunia yang berpikiran cemerlang. Google sangat tepat membuat doodle di hari ulang tahunnya. Selamat hari lahir Pramoedya Ananta Toer," katanya, kemarin.

Orang nomor wahid di DPP PKB itu berkata, karya-karya Pram mendunia sekaligus membawa nama harum bangsa Indonesia. Di setiap helai halaman karyanya yang diterjemahkan dalam puluhan bahasa dunia tercium harum semerbak tanah lahirnya Indonesia.

"Karya-karya Pram sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Satu-satunya sastrawan Indonesia yang bisa berprestasi seperti itu, ya cuma Pram," ujar Muhaimin.

Muhaimin menuturkan, Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) dan Mas Pram merupakan sahabat lama. Pram jugalah sastrawan Indonesia pertama yang rumahnya disambangi Presiden RI ke IV pada Juli tahun 2001.
"Gus Dur dan Pramoedya Ananta Toer adalah sahabat lama. Kita doakan Indonesia bisa melahirkan sastrawan sekaliber Pram di masa datang," tuturnya.

Muhaimin menambahkan, penghargaan dari negara asing disematkan kepada intelektualitas Pram menunjukkan Pram sudah jadi aset sastra dunia.

"Kita tak bisa menolak fakta itu," ucapnya.