Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Seharusnya Kasus Aceh Singkil Jadi Prioritas

Berita Utama
Seharusnya Kasus Aceh Singkil Jadi Prioritas

Jakarta - PEMERINTAH telah mempertontonkan sikap yang berbeda dalam menangani kasus kerusuhan di Aceh Singkil, Aceh dengan Tolikara, Papua. Pemerintah bahkan kurang responsif dalam menangani kasus di Aceh.

Hal itu diungkapkan Anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) KH Maman Imanul Haq di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Padahal, kata Maman, seharusnya kasus Aceh Singkil ini harus jadi prioritas. "Kenapa semua hanya melihat dan lambat banget," kata Maman bernada kesal.

Anggota Komisi VIII DPR ini memberikan contoh ketika peristiwa Tolikara meletus. Sejumlah menteri tampak hadir untuk melihat langsung kondisi di wilayah itu. Beberapa menteri yang ke sana diantaranya seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Sedangkan ketika kerusuhan Aceh Singkil terjadi, kata Maman, hanya Kapolri yang terlihat menyambangi wilayah itu.

"Padahal, Presiden Joko Widodo selama ini selalu menekankan pentingnya kehadiran negara untuk melindungi masyarkat. Hal itu sesuai dengan bunyi poin pertama Nawacita," ujar Maman.

Kalau sudah begini, kata Maman, terlihat umat Islam hanya membela umatnya. "Bukan nilai keislaman yang ada di dalamnya," tandas Maman.