Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Sekjen PKB Tegaskan Partainya Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim

Berita Utama
Sekjen PKB Tegaskan Partainya Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim

PKBNews - DUKUNGAN Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim sudah final. Demikian ditegaskan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB H Abdul Kadir Karding (AKK), Kamis (27/7/2017).

AKK bahkan meminta suara Nahdlatul Ulama (NU) diarahkan mendukung Gus Ipul, walau ada sosok lain yakni Mensos Khofifah Indar Parawansa, yang juga disebut-sebut akan maju.

"PKB pasti Saifullah Yusuf," ujar AKK.

Karding berkata, Khofifah boleh saja berniat maju sebagai calon gubernur Jatim tapi sebaiknya semua tokoh NU bersatu dan mendukung satu calon saja.

Ia menambahkan, PKB sendiri mendukung Gus Ipul karena murni diperintah oleh para kiai NU. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memang baru saja berkunjung ke para kiai utama di Jawa Timur.

"Kita diminta para kiai sepuh, kalau PKB mengaku partainya orang-orang NU, harus mendukung Saifullah Yusuf. Mau tidak mau kita ke sana," kata dia.

Dari situlah maka PKB berharap seluruh tokoh NU menyadari bahwa Pilgub Jatim adalah untuk kepentingan warga NU dan Jatim secara keseluruhan.

"Tetapi kita juga tidak melarang misalkan Mbak Khofifah mau maju sendiri, itu hak pribadi. Tetapi PKB tentu tidak akan mendukung karena PKB sudah menentukan pilihannya pada Mas Saiful atas perintah kiai," katanya.

Diakuinya, Khofifah punya basis kuat di Muslimat NU. Cuma diharapkannya siapa pun tidak perlu khawatir berlebihan agar tidak ada perpecahan.

"Pecah itu tidak ideal," ucapnya.