Siswa MTs dan MA Diperbolehkan Ikut MKK

Berita Daerah
Siswa MTs dan MA Diperbolehkan Ikut MKK

PKBNews - DEWAN Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Kabupaten Gresik mempersilakan siswa maupun siswi Madrasah Aliyah (MA) mengikuti Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) tingkat Kabupaten Gresik selama bisa membaca kitab kuning.

"Peserta MKK boleh dari santri maupun santriwati pondok pesantren se-Kabupaten Gresik ataupun berasal dari peserta didik sekolah tingkat Madrasah, MTs dan Aliyah serta mahasiswa yang memiliki keahlian membaca kitab kuning. Mereka semua dipersilahkan untuk mendaftar," ujar Ketua Panitia MKK Gresik, M Luthfi, Jumat (7/4/2017).

Luthfi memastikan seluruh kegiatan tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Namun, para peserta wajib memiliki rekomendasi dari pimpinan ataupun kepala sekolah. Sedangkan untuk santri putri maupun putra bisa mendapat rekomendasi dari pejabat terkait.

"Yang tidak kalah penting, peserta adalah muslim yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah atau aswaja. Dengan batas usia maksimal 20 tahun," katanya.

Luthfi mengajak seluruh pondok pesantren di Kota Satri itu untuk turut berpartisipasi dan mengirimkan perwakilan dalam MKK.

"Kota Gresik banyak pondok Wringinanom sampai pulau yang terjauh yakni Bawean. Saya berharap mereka mau mengirimkan perwakilannya," harapnya.

Sementara itu, Ketua DKC Garda Bangsa Gresik, Sholihudin AY, menuturkan, budaya membaca kitab kuning mulai luntur di kalangan generasi muda. Sebab, mereka ingin semuanya serba praktis. Termasuk cara membaca buku-buku Islam.

"Mereka memilih membaca terjemahan Bahasa Indonesia, dibandingkan membaca buku aslinya seperti dalam kitab kuning," katanya.

Padahal, kata Sholihudin, kitab kuning memiliki nilai luhur dan original. Oleh sebab itu, MKK nantinya dapat mempertahankan budaya dan untuk kebaikan bangsa.

"MKK juga bisa menguatkan nila-nilai dan menjaga Islam Aswaja yang telah menyatu dengan jati diri Bangsa Indonesia. Tak hanya itu, ini juga sebagai wujud syiar islam ke masyarakat," ucapnya.

 

DEWAN PENGURUS PUSAT
PARTAI KEBANGKITAN BANGSA
JL. Raden Saleh No 9 Jakarta Pusat 10430
Telp : 021-3145328 FAX : 021-3145329
Email :
MEDIA CENTER DPP PKB
Situs resmi Partai Kebangkitan Bangsa.
Jika ingin berpartisipasi, silakan
Kirim artikel / Foto ke email:
© 2016 PARTAI KEBANGKITAN BANGSA | All Rights Reserved.