Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Tanpa FDS, Banyak Tokoh Indonesia Miliki Kepribadian yang Kuat

Berita Utama
Tanpa FDS, Banyak Tokoh Indonesia Miliki Kepribadian yang Kuat

PKBNews - BANYAK tokoh di Indonesia yang telah membuktikan diri menjadi orang sukses dan memiliki pribadi yang kuat tanpa menjalankan program full day school (FDS). Lantas untuk apa FDS jika hak-hak dasar anak didik malah diintimidasi sistem pendidikan formal.

"Tanpa FDS mereka bisa membuktikan diri jadi pribadi yang sangat unggul, lantas untuk apa memaksakan FDS jika hak-hak dasar anak didik malah terintimidasi sistem pendidikan formal," kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Yanuar Prihatin, Senin (14/8/2017).

Apalagi, ujar Yanuar, FDS tidak otomatis terhubung dengan masa depan, kesuksesan anak-anak didik. Mereka justru ditakutkan akan memiliki mental yang terganggu karena waktunya dihabiskan dalam lingkup sekolah tanpa bisa melakukan interaksi sosial dengan lingkungan di wilayahnya.

"Masih ingat nama Adam Malik, Buya Hamka, Ajip Rosidi, Bob Sadino, Emha Ainun Najib, Andrie Wongso, Aa Gym, Purdi E Chandra, Andi F Noya, dan masih banyak lagi yang lain. Mereka adalah orang-orang yang terbukti sangat sukses di bidangnya masing-masing meski pun putus sekolah," katanya.

Bahkan, menurut Yanuar, beberapa miliader dunia sangat sukses dengan putus sekolah, sebut saja Michael Dell (Dell), Steve Jobs (Apple), Bill Gates (Microsoft) dan Mark Zuckerberg (Facebook).

"Lebih dari itu, tanpa sekolah tuntas, ada pemulung, tukang becak, kuli bangunan, office boy/girl, pelayan toko, penjaga toilet, pedagang bakso, tukang bubur, orang cacat dan orang sangat miskin ternyata bisa melejit ke puncak sukses. Tanpa FDS mereka bisa membuktikan diri," tandasnya.