Dewan Pengurus Pusat
Partai Kebangkitan Bangsa

Di Dampingi Politisi PKB, Jokowi Ulas Peran Ponpes

Berita Daerah
Di Dampingi Politisi PKB, Jokowi Ulas Peran Ponpes

Banjar - Calon presiden Joko Widodo yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan mitra koalisinya menilai keberadaan pondok pesantren (ponpes) memegang peranan penting dalam pelaksanaan revolusi mental.

"Ponpes memegang peranan penting dalam revolusi mental. Ponpes itulah kunci utamanya," ujar Jokowi di dampingi Ketua DPP PKB Marwan Ja’far di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat.

Oleh sebab itu, menurut dia, ponpes seharusnya diberikan porsi lebih dalam dunia pendidikan, sehingga revolusi mental dapat berjalan dan membuahkan hasil yang baik.

"Karena memegang kunci penting dalam pelaksanaan revolusi mental, kita harus menyediakan porsi yang besar untuk ponpes dalam dunia pendidikan. Nanti bisa kita bicarakan lebih lanjut dengan para kiai dan guru-gurunya," ulasnya.

Dia menuturkan peran penting tersebut dimiliki ponpes karena mata pelajaran yang diajarkan kepada para santri kebanyakan mengenai budi pekerti, sikap dan nilai-nilai luhur manusia.

"Di ponpes itu banyak sekali diajarkan mengenai akhlakul karimah, bahwa seorang manusia harus memiliki akhlak, budi pekerti dan mental yang baik," tegasnya.